JAKARTA – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Agen Tunggal Pemegang Merek sekaligus distributor resmi Mazda di Indonesia, secara resmi menyerahkan lebih dari 40 unit Mazda CX-60 Sport pertama kepada konsumen (15/11). Acara yang dikemas melalui kegiatan Mazda CX-60 Sport Handover Ceremony itu menandai dimulainya distribusi Mazda CX-60 Sport di Indonesia, sejak peluncuran resminya di GIIAS 2025.
Unit Mazda CX-60 Sport yang dibagikan merupakan batch pertama Completely Built Up Jepang yang tiba di Indonesia pada akhir Oktober 2025.
Acara yang digelar di Mazda Indonesia Headquarters, di kawasan Simprug, Jakarta Selatan itu dihadiri Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia. Dia menegaskan komitmen Mazda dalam menghadirkan produk dengan keseimbangan antara desain, performa, dan kesenangan berkendara, sesuai dengan brand purpose Mazda, “Enrich Life-In-Motion for Those We Serve.”
Dalam sambutan sesaat sebelum sesi flag-off, Ricky Thio menyampaikan bahwa penyerahan perdana unit Mazda CX-60 Sport adalah momentum penting bagi Mazda. ''Mobil ini kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia yang menginginkan SUV dengan tampilan tangguh, efisien, price points yang lebih kompetitif, dengan tetap menghadirkan pengalaman berkendara khas Mazda. Kami sangat berterima kasih atas antusiasme para pelanggan yang telah mempercayakan pilihan-nya pada Mazda CX-60 Sport,” katanya.
Antusiasme yang sama turut disampaikan oleh perwakilan konsumen pertama Mazda CX-60 Sport bernama Surya. Dia berbagi pengalaman saat kali pertama mencoba SUV ini, “Sejak test drive pertama, saya langsung terkesan dengan rasa berkendaranya. Setirnya nurut, mirip seperti mobil sport Eropa, tapi tetap nyaman digunakan harian. Suspensi dan transmisinya pun terasa jauh lebih matang dibandingkan dengan model sebelumnya,'' katanya.
Momentum Peluncuran dan Penerimaan Pasar yang Positif
Sejak debut pada GIIAS 2025, Mazda CX-60 Sport berhasil mencatat sejumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Hal itu memperlihatkan penerimaan positif pasar terhadap model yang menawarkan keseimbangan ideal antara gaya hidup aktif, efisiensi berkendara yang cerdas, dan value yang kompetitif. Model ini menjadi pelengkap jajaran SUV Mazda di Indonesia, menghadirkan opsi baru yang lebih terjangkau di segmen premium SUV, namun tetap membawa DNA Jinba-Ittai yang menekankan kesatuan antara pengemudi dan kendaraan.
Mazda optimistis menghadapi dinamika pasar otomotif nasional. Merek bahkan menargetkan penjualan 3.500 unit hingga akhir tahun 2025, di mana Mazda CX-60 Sport diharapkan menjadi salah satu model unggulan dengan target lebih dari 100 unit hingga penutupan tahun. Capaian ini diharapkan dapat melanjutkan kesuksesan model Mazda lain seperti Mazda CX-3 dan Mazda CX-5 yang hingga kini masih mendominasi penjualan brand asal Hiroshima ini di Indonesia. (*/oni)



