JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) memanfaatkan panggung GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 untuk menegaskan langkah besar mereka dalam memperluas portofolio elektrifikasi di Indonesia. Pembukaan pameran otomotif tersebut pada 21 November di ICE BSD City menjadi momentum penting bagi Toyota dengan diperkenalkannya secara global New Veloz Hybrid EV, model hibrida yang diproduksi langsung di Tanah Air.
Tak hanya itu, Toyota juga resmi memulai penjualan New bZ4X Battery EV produksi lokal serta New Urban Cruiser Battery EV, dua model listrik yang sebelumnya telah tampil perdana di GIIAS 2025. Ketiga model ini memperkuat strategi multi-pathway Toyota yang menekankan pilihan teknologi elektrifikasi sesuai kebutuhan konsumen.
”Di Toyota, kami memahami bahwa tidak ada satu produk pun yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang dengan cara yang sama. Dengan semangat ''Toyota Ada Untuk Indonesia'', kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan setiap masyarakat Indonesia, termasuk pada model elektrifikasi,” ujar President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda.
Dia menekankan bahwa perluasan varian kendaraan ramah lingkungan serta produksi lokal menjadi bagian penting dalam memperluas akses pelanggan terhadap teknologi hijau.
Sebagai salah satu MPV favorit keluarga Indonesia, New Veloz Hybrid EV hadir membawa pembaruan signifikan. Diproduksi di dalam negeri, model ini menawarkan efisiensi tinggi melalui sistem self-charging hybrid, yang memungkinkan baterai terisi otomatis ketika kendaraan bergerak.
”Dengan sistem self-charging hybrid atau pengisian daya dilakukan secara otomatis saat kendaraan melaju, New Veloz Hybrid EV bukan hanya menawarkan efisiensi bahan bakar dan kemudahan perawatan, tetapi juga pengalaman berkendara yang ramah lingkungan,” ujar Vice President Director TAM Henry Tanoto.
Dia menyebut masuknya model hybrid ke segmen MPV terbesar di Indonesia akan membuka jalan bagi adopsi elektrifikasi yang lebih luas. Toyota mulai membuka pemesanan indent untuk model ini di GJAW 2025, dengan harga perkenalan Rp 299 juta untuk varian V Grade hingga Desember 2025.
Dua EV Baru Toyota Turut Dipasarkan
Selain debut Veloz Hybrid, Toyota memulai penjualan resmi dua kendaraan listrik baterai (BEV). New bZ4X Battery EV yang kini diproduksi lokal, hadir dengan peningkatan kapasitas dan performa baterai, jarak tempuh lebih jauh, respons akselerasi lebih baik, serta penyegaran desain yang telah terintegrasi dengan sistem New T-Intouch.
”Dengan berbagai peningkatan, New bZ4X Battery EV menjadi pilihan ideal bagi pelanggan yang ingin merasakan pengalaman berkendara listrik sebagai pelengkap kendaraan yang sudah dimilik,” ujar Vice President Director TAM Henry Tanoto.
Sementara itu, New Urban Cruiser Battery EV ditawarkan sebagai opsi EV kompak untuk penggunaan harian dengan tampilan lebih modern dan performa yang andal dalam kondisi lalu lintas perkotaan.
President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda menegaskan kembali bahwa strategi elektrifikasi Toyota berjalan seiring dengan dukungan jangka panjang perusahaan terhadap industri otomotif nasional. “Komitmen kami untuk berkontribusi dan tumbuh bersama Indonesia tercermin dari investasi lebih dari Rp 100 triliun yang kami tanamkan di Indonesia,” ujarnya.
Investasi itu mencakup pengembangan ekosistem otomotif berkelanjutan, perluasan fasilitas R&D, peningkatan inovasi lokal, dan penguatan perusahaan pemasok. Toyota telah ikut membuka lebih dari 360.000 peluang kerja bersama mitra industri.
Toyota Indonesia Group juga baru saja mencatatkan tonggak sejarah baru setelah volume ekspor mereka melampaui tiga juta unit ke lebih dari 100 negara. Ueda menyebut pencapaian ini sebagai bukti kemampuan industri otomotif nasional menghasilkan produk yang kompetitif secara global. “Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan masyarakat Indonesia,” tambahnya. (agf/oni)




