Loading...
Jumat Kliwon, 14 November 2025
Jawa Pos

Selalu Ada Yang Baru!

Loading...
Home
Guru Menulis
Umpan Balik Metode Konten Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pidato di Kelas 8 UPT SMPN 7 Gresik

Umpan Balik Metode Konten Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pidato di Kelas 8 UPT SMPN 7 Gresik

Guru Menulis•2 hari yang lalu

Most Read

1

Umpan Balik Metode Konten Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pidato di Kelas 8 UPT SMPN 7 Gresik

Guru Menulis
2

Membawa Interactive Flat Panel ke Ranah Pembelajaran Mendalam

Guru Menulis

Most Read

1

Umpan Balik Metode Konten Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pidato di Kelas 8 UPT SMPN 7 Gresik

Guru Menulis
2

Membawa Interactive Flat Panel ke Ranah Pembelajaran Mendalam

Guru Menulis
Umpan Balik Metode Konten Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pidato di Kelas 8 UPT SMPN 7 Gresik
Guru Menulis

Umpan Balik Metode Konten Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pidato di Kelas 8 UPT SMPN 7 Gresik

Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, berpikir kritis, serta keterampilan berkomunikasi peserta didik. Salah satu materi yang berfokus pada kemampuan berbicara adalah pidato. Pidato tidak hanya mengasah kemampuan siswa dalam menyampaikan gagasan secara lisan, tetapi juga melatih keberanian, ketepatan penggunaan bahasa, dan kemampuan menyusun argumen yang logis. Di kelas 8 UPT SMPN 7 Gresik, guru Bahasa Indonesia menerapkan metode konten dalam pembelajaran pidato dan memberikan umpan balik (feedback) sebagai bagian penting dari proses belajar. Metode konten yang diterapkan di kelas ini menitikberatkan pada penggunaan berbagai bentuk konten seperti teks, video, contoh pidato, hingga rekaman audio untuk memperkaya pemahaman siswa. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya membaca teks pidato dari buku, tetapi juga menonton contoh pidato tokoh publik dan menganalisis unsur-unsur penting seperti intonasi, ekspresi, serta struktur isi pidato. Dengan variasi konten tersebut, siswa lebih mudah memahami teori sekaligus mempraktikkannya dalam kegiatan berbicara di depan kelas. Dalam penerapan metode ini, feedback memegang peranan yang sangat penting. Guru memberikan umpan balik setelah siswa melakukan praktik pidato di kelas. Bentuk umpan balik yang diberikan bersifat formatif dan konstruktif. Fungsinya untuk memperbaiki proses belajar selama kegiatan berlangsung, misalnya dengan menegur kesalahan pengucapan, intonasi, atau struktur kalimat secara...

2 hari yang lalu

KORAN JAWA POS

Instagram

  • @koran.jawapos
  • @jawapos.foto
  • @jawapossport

YouTube

  • @jawaposnews

TikTok

  • @koranjawapos

Email Redaksi

  • editor@jawapos.co.id

Berlangganan Koran

Hubungi WhatsApp:

+628113475001

© 2025 Koran Online. All rights reserved.

KORAN JAWA POS
Instagram:@koran.jawapos@jawapos.foto@jawapossport
Twitter:@koran_jawapos
YouTube:@jawaposnewsTikTok:@koranjawapos
Email Redaksi:editor@jawapos.co.id
Berlangganan Koran Hubungi WA:+628113475001