Selalu Ada Yang Baru!
Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berbahasa, berpikir kritis, serta keterampilan berkomunikasi peserta didik. Salah satu materi yang berfokus pada kemampuan berbicara adalah pidato. Pidato tidak hanya mengasah kemampuan siswa dalam menyampaikan gagasan secara lisan, tetapi juga melatih keberanian, ketepatan penggunaan bahasa, dan kemampuan menyusun argumen yang logis. Di kelas 8 UPT SMPN 7 Gresik, guru Bahasa Indonesia menerapkan metode konten dalam pembelajaran pidato dan memberikan umpan balik (feedback) sebagai bagian penting dari proses belajar. Metode konten yang diterapkan di kelas ini menitikberatkan pada penggunaan berbagai bentuk konten seperti teks, video, contoh pidato, hingga rekaman audio untuk memperkaya pemahaman siswa. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya membaca teks pidato dari buku, tetapi juga menonton contoh pidato tokoh publik dan menganalisis unsur-unsur penting seperti intonasi, ekspresi, serta struktur isi pidato. Dengan variasi konten tersebut, siswa lebih mudah memahami teori sekaligus mempraktikkannya dalam kegiatan berbicara di depan kelas. Dalam penerapan metode ini, feedback memegang peranan yang sangat penting. Guru memberikan umpan balik setelah siswa melakukan praktik pidato di kelas. Bentuk umpan balik yang diberikan bersifat formatif dan konstruktif. Fungsinya untuk memperbaiki proses belajar selama kegiatan berlangsung, misalnya dengan menegur kesalahan pengucapan, intonasi, atau struktur kalimat secara...