Loading...
Minggu Wage, 23 November 2025
Jawa Pos

Selalu Ada Yang Baru!

Loading...
Home
NasionalEkonomi BisnisFinansialKementerianSosok & Sisi LainInternasionalJawa Timur
Home
›Nasional

BGN Operasikan Call Center SAGI 127

Editor-Nasional
20 November 2025
SIAGA: Dadan Hindayana (tiga dari kanan) mengunjungi ruang Call CenterSAGI 127
Klik untuk perbesar
ANTARA

SIAGA: Dadan Hindayana (tiga dari kanan) mengunjungi ruang Call CenterSAGI 127

JAKARTA – Badan Gizi Nasional (BGN) menegaskan komitmennya memperkuat keterbukaan informasi, sekaligus meningkatkan kualitas layanan publik terkait Program Makan Bergizi Gratis (MBG). Salah satu langkahnya adalah mengoperasikan Call Center Sahabat Sentra Aduan Gizi Indonesia (SAGI) 127 selama 24 jam.

Kepala BGN, Dadan Hindayana, menyampaikan hal itu dalam Uji Publik Keterbukaan Informasi yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) di Jakarta, Rabu (19/11) lalu. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari penilaian Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2025. “BGN berkomitmen membuka informasi publik dan memberikan edukasi seluas-luasnya. Program ini bukan hanya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia, tetapi juga pemahaman masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang,” ujar Dadan.

Dadan menjelaskan, BGN telah memperkuat kanal komunikasi melalui Dashboard Utama BGN, Portal Mitra BGN, Tauwas Care, JDIH, PPID, serta media sosial. Salah satu inovasi terbaru adalah layanan Call Center SAGI 127 yang baru diluncurkan pada 17 November 2025.

“Ada 127 operator yang bekerja di balik layanan Call Center SAGI 127. Layanan ini beroperasi 24 jam dengan sistem shifting. Ini bentuk nyata komitmen kami dalam menyediakan layanan informasi publik yang cepat dan responsif,” timpalnya.

Komisioner KIP, Gede Narayana, mengapresiasi langkah BGN yang dinilainya cepat dalam merespons isu seputar pelaksanaan Program MBG. “Akselerasinya sudah tinggi. Saya beberapa kali hadir di kegiatan BGN dan melihat keterbukaan informasi publik dilaksanakan cukup kuat oleh pimpinan dan seluruh jajaran,” ujarnya.

Dadan menambahkan bahwa pemerataan informasi hingga daerah terpencil menjadi prioritas BGN. Ia menyebut peran Sarjana Penggerak Pembangunan Indonesia (SPPI) sangat strategis karena tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi ujung tombak edukasi masyarakat. (lyn/bas)

Bagikan artikel ini

Most Read

1

Rayakan HUT Ke-7, LAKUEMAS Gelar Golden Days: Kapan Lagi Jual Emas Malah Dapat Emas

Ekonomi Bisnis
2

Dukung Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PU Tuntaskan Penataan Kawasan Belawan Tahap II

Kementerian
3

Kementerian Ekraf Dukung Penguatan Radio Agar Tetap Berdaya Saing

Kementerian
4

Pegadaian Bakal Bangun Penyimpanan dan ATM Emas di Surabaya

Finansial
5

Plafon KUR 2026 Naik Jadi Rp 320 Triliun

Finansial

Berita Terbaru

Indonesia dan Afrika Selatan Sepakati Aturan Bebas Visa

Indonesia dan Afrika Selatan Sepakati Aturan Bebas Visa

Nasional•4 jam yang lalu
Saudi Tak Terima Jemaah Haji yang Menggunakan Kursi Roda

Saudi Tak Terima Jemaah Haji yang Menggunakan Kursi Roda

Nasional•4 jam yang lalu
Home
›Nasional
›BGN Operasikan Call Center SAGI 127
SIAGA: Dadan Hindayana (tiga dari kanan) mengunjungi ruang Call CenterSAGI 127
Nasional

BGN Operasikan Call Center SAGI 127

Editor-20 November 2025
Klik untuk perbesar

SIAGA: Dadan Hindayana (tiga dari kanan) mengunjungi ruang Call CenterSAGI 127

ANTARA

Bagikan artikel ini

JAKARTA – Badan Gizi Nasional (BGN) menegaskan komitmennya memperkuat keterbukaan informasi, sekaligus meningkatkan kualitas layanan publik terkait Program Makan Bergizi Gratis (MBG). Salah satu langkahnya adalah mengoperasikan Call Center Sahabat Sentra Aduan Gizi Indonesia (SAGI) 127 selama 24 jam.

Kepala BGN, Dadan Hindayana, menyampaikan hal itu dalam Uji Publik Keterbukaan Informasi yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP) di Jakarta, Rabu (19/11) lalu. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari penilaian Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2025. “BGN berkomitmen membuka informasi publik dan memberikan edukasi seluas-luasnya. Program ini bukan hanya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia, tetapi juga pemahaman masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang,” ujar Dadan.

Dadan menjelaskan, BGN telah memperkuat kanal komunikasi melalui Dashboard Utama BGN, Portal Mitra BGN, Tauwas Care, JDIH, PPID, serta media sosial. Salah satu inovasi terbaru adalah layanan Call Center SAGI 127 yang baru diluncurkan pada 17 November 2025.

“Ada 127 operator yang bekerja di balik layanan Call Center SAGI 127. Layanan ini beroperasi 24 jam dengan sistem shifting. Ini bentuk nyata komitmen kami dalam menyediakan layanan informasi publik yang cepat dan responsif,” timpalnya.

Komisioner KIP, Gede Narayana, mengapresiasi langkah BGN yang dinilainya cepat dalam merespons isu seputar pelaksanaan Program MBG. “Akselerasinya sudah tinggi. Saya beberapa kali hadir di kegiatan BGN dan melihat keterbukaan informasi publik dilaksanakan cukup kuat oleh pimpinan dan seluruh jajaran,” ujarnya.

Dadan menambahkan bahwa pemerataan informasi hingga daerah terpencil menjadi prioritas BGN. Ia menyebut peran Sarjana Penggerak Pembangunan Indonesia (SPPI) sangat strategis karena tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi ujung tombak edukasi masyarakat. (lyn/bas)

Most Read

1

Rayakan HUT Ke-7, LAKUEMAS Gelar Golden Days: Kapan Lagi Jual Emas Malah Dapat Emas

Ekonomi Bisnis
2

Dukung Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PU Tuntaskan Penataan Kawasan Belawan Tahap II

Kementerian
3

Kementerian Ekraf Dukung Penguatan Radio Agar Tetap Berdaya Saing

Kementerian
4

Pegadaian Bakal Bangun Penyimpanan dan ATM Emas di Surabaya

Finansial
5

Plafon KUR 2026 Naik Jadi Rp 320 Triliun

Finansial

Berita Terbaru

Indonesia dan Afrika Selatan Sepakati Aturan Bebas Visa

Indonesia dan Afrika Selatan Sepakati Aturan Bebas Visa

Nasional•4 jam yang lalu
Saudi Tak Terima Jemaah Haji yang Menggunakan Kursi Roda

Saudi Tak Terima Jemaah Haji yang Menggunakan Kursi Roda

Nasional•4 jam yang lalu

KORAN JAWA POS

Instagram

  • @koran.jawapos
  • @jawapos.foto
  • @jawapossport

YouTube

  • @jawaposnews

TikTok

  • @koranjawapos

Email Redaksi

  • editor@jawapos.co.id

Berlangganan Koran

Hubungi WhatsApp:

+628113475001

© 2025 Koran Online. All rights reserved.

KORAN JAWA POS
Instagram:@koran.jawapos@jawapos.foto@jawapossport
Twitter:@koran_jawapos
YouTube:@jawaposnewsTikTok:@koranjawapos
Email Redaksi:editor@jawapos.co.id
Berlangganan Koran Hubungi WA:+628113475001